Selasa, 04 Oktober 2011

Ibu Hamil Perlu Asupan Nutrisi Cukup

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nutrisi yang cukup nilai gizinya merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi pada masa kehamilan. Namun pada sebagian kehamilan, mual atau muntah merupakan kondisi yang tidak dapat dihindari.
Mual dapat terjadi karena meningkatnya hormon estrogen, reaksi imunologik serta faktor psikologik pada ibu hamil akan mengakibatkan janin dan ibu hamil kekurangan gizi jika tidak ditangani dengan baik.
Oleh karena itu penting untuk dilakukan upaya agar ibu hamil yang memiliki masalah mual tetap dapat mengonsumsi nutrisi yang diperlukan, salah satunya adalah dengan menyediakan produk dengan varian rasa yang enak dan disukai ibu hamil tersebut daripada mengonsumsi obat-obatan.
"Rasa mual pada ibu hamil dapat terjadi pada trimester awal kehamilan yaitu 0 sampai 12 minggu. Mual dapat terjadi karena beberapa macam penyebab," jelas dr.Prima Progestian, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan saat peluncuran varian baru susu Anmum Materna dengan rasa vanilla mango di Jakarta, Minggu (2/10/11).
Beberapa hormon yang meningkat seperti Estrogen, Progesteron, dan HCG dituding menjadi penyebab mual dan muntah selama kehamilan ini. Dari berbagai teori tersebut, progesteron dituding sebagai penyebab utama, progesteron ini berfungsi mempertahankan kehamilan, dan progesteron ini menyebabkan relaksasi otot polos, lambung dan usus.
"Tidak semua ibu hamil mengalami mual, ada yang tidak merasakan apapun selama hamil, ada juga yang merasa mual bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum)," lanjutnya.
Keadaan mual yang sudah berlebihan dapat mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sang ibu yang dapat mempengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya.
Hiperemesis gravidarum akan mengganggu aktivitas sehari-hari, menimbulkan rasa tidak nyaman dan lemas, dan pada kondisi yang serius, dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.
"Memberikan nutrisi dengan rasa yang disukai ibu hamil dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi ini," tambah Prima.

http://id.berita.yahoo.com/ibu-hamil-perlu-asupan-nutrisi-cukup-022846005.html;_ylt=AkvC.nFlyiKwFuCY5mX4kk.bV8d_;_ylu=X3oDMTFnajFvY2ZkBG1pdANOZXcgRWRpdG9ycyBQaWNrcwRwb3MDMwRzZWMDTWVkaWFFZGl0b3JQaWNrcw--;_ylg=X3oDMTJzY2Q1a2VpBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDY2IyZmRlMWYtMjI2OC0zOTZlLTk3YTItNTIyYzU2ZWU5NzAwBHBzdGNhdAN0ZWtub2xvZ2kEcHQDc3RvcnlwYWdl;_ylv=3

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More